Langsung ke konten utama

LAPORAN PRAKERINI SISTEM PENDINGINAN MOBIL KIJANG

KOMPETENSI KEAHLIAN TEKNIK KENDARAAN RINGAN
PROGRAM






KATA PENGANTAR 
      
 Dengan memanjatkan pujisyukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri  (PRAKERIN) dan juga menyelesaikan laporan ini dengan baik guna memenuhi syarat Uji Sertifikasi Praktik Kerja Industri serta kelengkapan bukti belajar sebagai bukti pertanggung jawaban atas kegiatan Prakerin di dunia Industri.

Laporan Prakerin ini kami buat berdasarkan pengalaman dan berbagai data yang kami peroleh selama melaksanakan kegiatan Prakerin di Bengkel Rahmat Kota Tasikmalaya. Penyusunan laporan ini kami buat sedemikian rupa sehingga dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat menjadi acuan belajar bagi adik – adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan Prakerin dan menyusun laporan hasil Prakerin.
        
    Dengan ini kami menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpa ada bantuan dari berbagai pihak terkait.Oleh karena itu, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada :

1.BapakDrs. H. Oom Suparmas,M.Pd.,selaku Kepala Sekolah SMK Negeri 
Pancatengah.

2. Bapak Oing, selaku Store Manager Bengkel mobil Rahmat yang telah memberikan izin untuk melaksanakan PRAKERIN.

3. Bapak Tatang Suhendar, S.Pd., selaku Ketua Jurusan program keahlian kendaraan ringan SMK Negeri Pancatengah.

4.  Ibu Siti Ulpah, S.Pd., selaku pembimbing yang telah memberikan bimbingan dalam pembuatan laporan ini.

5. Ayah dan Ibu, selaku orang tua yang telah mendukung, membimbing dan mendoakan kami.

6.Serta semua pihak yang sudah membantu terwujudnya kelancaran dalam acara Prakerin dan penyusunan laporan ini.

Semoga dengan tersusunnya laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.

Akhir kata semoga Allah SWT melimpahkan rahmatnya atas segala bantuan dan semangat yang diberikan kepada penyusun. Semoga laporan PRAKERIN ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semuanya. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan ini.

Pancatengah,   September 2019
                                     Penulis


BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Masalah
Pemerintah telah melaksanakan pembangunan kesegala bidang, untuk mencapai tujuan Nasional.  Untuk mendukung program pembangunan ini,  dibutuhkan peranan bidang  pendidikan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia yang kompeten dan memiliki daya saing (Competitive Capacity) yang tinggi.

Berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan, Menteri Pendidikan Nasional pernah melakukan kebijakan yang dikenal dengan istilah “Link and Match” yaitu program yang dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi para peserta didik untuk mengenal praktik kerja industri secara lebih dini. Program ini untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikenal dengan nama Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), sedangkan untuk pendidikan tinggi Cooperative Academic Education atau program Co-op.
Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adanya program Prakerin ini adalah untuk menyelesaikan pendidikan teori di sekolah dengan praktik kerja yang nyata di perusahaan yang sesuai dengan program keahliannya.
Sistem ini mulai pada tahun 1994 yang dilakukan secara bertahap oleh kedua belah pihak, baik dari pihak pendidikan maupun Industri. Untuk menunjang terlaksananya pembangunan di kedua bidang tersebut, maka sangat dibutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai untuk pembangunan yang sukses disemua bidang yang dampaknya akan menciptakan kestabilan Nasional.

B.       Tujuan Prakerin
1.    Pemenuhan Kompetensi sesuai tuntutan kurikulum
Penguasaan kompetensi dengan pembelajaran di SMK Negeri Pancatengah sangat ditentukan oleh fasilitas pembelajaran yang tersedia.


Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu merancang pembelajaran kompetensi di luar sekolah (Dunia Kerja Mitra). Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya debalajarkan kepada peserta didik.
2.      Implementasi kompetensi ke dalam dunia kerja
Kemampuan - kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di SMK Negeri Pancatengah perlu di implementasikan secara nyata sehingga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.
3.      Penumbuhan etos kerja/ pengalaman kerja
SMK Negeri Pancatengah sebagai lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatannya ke dunia kerja perlu memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di Dunia Kerja. Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat langsung di dalamnya, diharapkan dapat membangun sikap kerja dan kepribadian yang utuh sebagai pekerja.

C.    Manfaat Prakerin
Adanya manfaat Prakerin antara lain:
1.      Sebagai wacana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, terutama yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
2.      Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
3.      Mendapatkan pengalaman untuk bekal pada saat bekerja nantinya.
4.      Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.
5.      Sebagai wacana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan dalam membuat program aplikasi terutama dalam menggunakan bahasa pemograman Visual Basic.Net.

D.    Waktu dan Tempat Prakerin
1.      Waktu Prakerin
Waktu pelaksanaan Praktik Kerja Industri dimulai dari tanggal 15 juli sampai dengan 14 september 2019 dan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, dengan jadwal efektif enam hari praktik dalam satu minggu dari pukul 07:30 WIB sampai pukul 15.15 WIB.
2.      Tempat Prakerin
Adapun tempat pelaksanaan praktik kerja industri ini adalah di Bengkel Rahmat  yang bertempat di Jalan Paseh Kota Tasikmalaya.

BAB II
GAMBARAN UMUM DUNIA USAHA/INDUSTRI

A.    Sejarah Berdirinya Bengkel Mobil Rahmat
Bengkel Mobil Rahmat  adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa otomotif berupa pelayanan service kendaraan roda empat. Pemilik bengkel ini bernama Bapak Oing yang mulai mendirikan bengkelnya sejak tahun 2000. Bengkel Pak Oing ini sebagian besar melayani service mobil pribadi dan angkutan umum berupa angkot.
Berdirinya bengkel ini dilatarbelakangi karena sebagian besar bengkel mobil yang sudah berdiri di daerahnya hanya melayani mobil pribadi saja. Sedangkan kebanyakan masyarakatnya berprofesi sebagai sopir angkot serta pemilik angkotnya pun adalah salah satu warga di daerah tempat ia tinggal. Maka dari itu, Pak Oing mengambil peluang usaha di bidang yang sama namun dengan pelayanan pada mobil pribadi dan mobil angkutan umum. Bengkel mobil yang ia dirikan di beri nama bengkel mobil Rahmat.
Lokasi tempat ia mendirikan bengkel sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya utama. Maka ia menawarkan secara langsung jasa service mobil di bengkelnya tersebut. Seiring berjalan waktu, bengkel Pak Oing ini semakin dikenal dan tak jarang dijadikan sebagai salah satu tempat prakerin.

B.     Visi dan Misi
1.      Visi
a.       Menjadikan bengkel mobil yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
b.      Mengutamakan kerapihan dalam memperbaiki.

2.      Misi
a.       Memberikan jasa bengkel yg unggul berdasarkan nilai – nilai kejujuran dan kehati – hatian.
b.      Memberikan layanan service mobil dengan hasil berkualitas.
c.       Menciptakan interaksi kerja yg saling mendukung dan lingkungan kerja yang kondusif.


C.    Bidang Usaha/Kerja
Bengkel Mobil Rahmat adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa otomotif, yang melayani service mesin kendaraan roda empat, service shockbreaker, service rem, bongkar pasang ban, dan lain-lain.

D.    Struktur Organisasi


Tugas dan staff organisasi di bengkel Mobil Rahmat
1.      Pemimpin
Bertugas sebaga ipemilik bengkel Mobil Rahmat yang memiliki tugas terpenting sebagai pemegang penuh kendali perusahaan dan dalam pengambilan keputusan harus disetujui oleh pemilik / manager perusahaan.
2.      Bendahara
Betrugas menghitung, membuat neraca, Memegang uang serta membuat laporan-laporan yang diperlukan oleh manager.
3.      Mekanik
Bertugas melayani konsumen yang datang untuk melakukan perbaikan-perbaikan motor yang rusak, menanggapi dan memberikan solusi yang tepat bagi konsumen.
E.     Deskripsi kerja
Kegitan selama penulis melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di bengkel Mobil Rahmat adalah:
a. Pelayanan
Kegiatan pelayanan yang diberikan kepada konsumen agar merasa diperlukan dan merasa nyaman ketika memasuki bengkel.
c.  Melakukan pengecekan
Kegiatan pengecekan meliputi pengecekan terhadap motor yang rusak.
d.  Service
Kegiatan ini adalah mengganti sparepart yang sudah rusak.
e.  Membantu konsumen
Kegiatan ini membantu konsumen  memberikan penjelasan tentang kendaraannya yang rusak.


BAB III
LANDASAN TEORI

A.    Pengertian System Pendinginan
Perkembangan teknologi yang semakin cepat mendorong manusia untuk mempelajari ilmu pengetahuan dan teknologi. Dalam dunia otomotif khususnya pada mobil dikenal berbagai macam sistem yang digunakan. Sistem - sistem ini bekerja saling berangkaian antara satu dengan yang lainnya, sehingga apabila salah satu dari sistem tersebut mengalami kerusakan maka mobil akan menambah kerusakan yang lain.
Sistem pendingin pada mobil berfungsi untuk menurunkan temperature pada mesin yang terjadi akibat dari pembakaran maupun gesekan. Proses pembakaran selanjutnya akan menghasilkan tenaga mekanis yang kemudian akan menggerakkan mesin. Akibat lain dari proses pembakaran adalah hanya panas yang apabila tidak didinginkan akan merusak komponen dari mesin itu sendiri. Sistem pendingin (cooling system) adalah suatu rangkaian untuk mengatasi terjadinya over heating pada mesin.
Sistem pendingin air lebih rumit dan selain itu biayanya lebih mahal dibanding dengan sistem pendingin udara. Tapi mempunyai banyak keuntungan. Mesin dengan pendingin air lebih aman, sebab ruang bakar dikelilingi oleh pendingin (terutama air dengan additive dan anti beku), juga bertindak sebagai peredam bunyi. Air pendingin yang panas dapat juga digunakan sebagai sumber  panas untuk pemanas udara di dalam kendaraan.
Jangan menghidupkan mesin dengan thermostat tidak terpasang. Sirkuit bypass akan selalu terbuka, menyebabkan air pendingin melalui bypass radiator dimana air pendingin tersebut didinginkan. Hal itu akan mengakibatkan mesin menjadi panas berlebihan (Over Heating).


B.     Jenis-jenis Sistem Pendingin
1.      Pendinginan Udara (Pendinginan Langsung)
Pendinginan udara digunakan jika panas dari mesin yang bekerja atau berputar dilewatkan pada sirip, rusuk, atau fins ke udara luar. Dasar penggunaan sistem pendinginan ini tergantung pada hal – hal berikut :
a.         Perbedaan temperatur antara panas mesin dengan udara sekitar
b.        Luas permukaan dimana panas dikeluarkan/ atau disemburkan.
c.         Tingkat aliran udara pada permukaan yang dikenai.
2.      Pendinginan Air  (Pendinginan Tidak Langsung)
Dalam sistem pendinginan mesin dengan air, panas dilewatkan atau ditransfer ke air di sekitar ruang bakar dan silinder. Air yang panas kemudian beredar menuju radiator. Air diteruskan melalui pipa radiator, panasnya ditransfer ke sirip radiator dimana panas tersebut disemburkan ke udara. Air kemudian kembali ke mesin. Beberapa faktor yang menentukan tingkat pendinginan adalah sebagai berikut :
a.       Perbedaan antara temperatur dan udara.
b.      Perbandingan aliran air.
c.       Luas permukaan kisi-kisi radiator.
d.      Perbandingan aliran udara.

C.    Fungsi sistem pendingin
Sistem pendingin (cooling system) pada mobil berfungsi untuk mendinginkan mesin, mencegah panas yang berlebihan (over heating), dan juga menjaga agar mesin pada temperatur kerja. Umumnya sistem pendinginan pada mobil menggunakan sistem pendingin air, yang mana air merupakan komponen yang akan menyerap panas dari mesin kemudian air tersebut akan didinginkan di radiator. Selain menggunakan air, peninginan mesin juga dibantu dengan kipas yang menghembuskan udara ke arah mesin dan hembusan angin ketika mobil berjalan.


D.    Cara Kerja Sistem Pendingin Mobil
Pada saat mesin dingin: Tekanan pada sistem pendingin dipompa oleh pompa air dan bersirkulasi dari water pump ke water jacket ke by pass hose kembali lagi ke water pump, karena pada saat ini mesin masih dingin dan air pun masih dingin menyebabkan katup thermostat masih tertutup, Pada saat mesin masih dingin, air tidak bersirkulasi melalui radiator, hal ini bertujuan agar air pendingin dan mesin cepat mencapai suhu kerja maximal, mengingat bahwa performa mesin juga akan maximal ketika mesin itu pada suhu kerjanya, bukan terlalu dingin dan juga terlalu panas. Untuk sirkulasi airnya dapat anda lihat pada gambar dibawah ini

Pada saat mesin panas (Mencapai suhu Kerja)
Setelah mesin menjadi panas, kira-kira pada temperatur 85°C thermostat mulai terbuka dan katup bypass tertutup dalam bypass sirkuit, sehingga aliran air pendingin mengalir dari radiator ke lower hose, ke water pump, ke water jacket, ke upper hose dan kembali ke radiator untuk didinginkan dengan kipas dan udara yang dihasilkan dari gerakan maju kendaraan itu sendiri. Aliran air pada sistem pendingin dengan kondisi mesin dalam keadaan panas dapat dilihat pada gambar 17 berikut.
Gambar 3.2 Sirkulasi air pada saat mesin panas
E.     Komponen-komponen sistem pendingin
Pada sistem pendingin mobil terdiri dari berbagai macam komponen yaitu :
Gambar 3.3 Sistem Pendingin (Cooling System) Pada Mobil
1.      Radiator 
Fungsi radiator pada sistem pendingin adalah untuk mendinginkan cairan pendingin setelah menyerap panas dari mesin dengan cara membuangnya melalui sirip-sirip pendingin. Radiator sebagian besarnya terdiri dari upper tank, inti radiator dan lower tank.
2.      Kipas radiator 
Fungsi dari kipas radiator adalah untuk menghembuskan udara ke arah mesin, sehingga terjadi pendinginan. Banyak yang menganggap bahwa, kipas radiator ini menghembusnya ke arah radiator, tetapi yang sebenarnya adalah menghembuskan ke arah mesin dan menghisap udara dari radiator. Apa yang terjadi bila kipas menghembuskan ke arah radiator? Kita tahu bahwa udara akan berhembus ke arah radiator dari depan ketika mobil berjalan, kalau ditambah hembusan angin dari belakang (kipas) tentu angin akan bertubrukan..
3.      Tutup radiator 
Fungsi dari tutup radiator atau radiator cup adalah untuk menaikkan titik didih air dan menjaganya agar tidak mendidih pada suhu 100 derajat celcius. Pada tutup radiatordikenal dua macam katup, ada katup tekan dan juga katup vacuum. Katup tekan bekerja ketika mesin panas, dimana katup ini akan membuka ketika tekanan didalam radiator naik sehingga uap air bisa keluar menuju reservoir tank. Sedangkan katup vacum akan bekerja bila suhu mesin sudah kembali dingin, didalam radiator akan terjadi kevakuman dan katup ini akan membuka dan menghisap air yang ada pada reservoir tank.
4.      Pompa air 
Fungsi dari pompa air atau water pump pada sistem pendingin adalah untuk mernsirkulasikan air pendingin ke seluruh sistem pendingin. Pompa air ini biasanya juga digerakkan oleh v belt bersama-sama dengan kipas pendingin.
5.      Thermostat 
Fungsi dari thermostat pada sistem pendingin adalah untuk mempercepat mesin mencapai temperatur kerja dengan cara menahan zat pendingin agar tidak bersirkulasi (ke radiator). Dan juga berfungsi untuk membuka saluran pada saat mesin panas (air bersirkulasi ke radiator).

6.      Reservoir tank 
Gunanya adalah untuk menampung sementara uap air pada saat mesin panas atau sebagai tangki cadangan.
7.      V-belt 
Berfungsi untuk menggerakkan kipas pendingin (kipas radiator) dan juga pompa air.
8.      Water jacket 
Merupakan saluran-saluran air pendingin di dalam mesin sebagai jalan air dalam mendinginkan mesin.
F.     Alat dan Bahan Pemeliharaan
Alat dan bahan yang digunakan untuk membongkar radiator mobil adalah sebagai berikut :
1.      Alat-alat untuk membongkar
a.       Kunci Pas/Ring
b.      Obeng (-) (+)
c.       Lap                 
d.      Sikat baja
e.       Solder
f.       Radiator Cup Tester
g.      Kompor
h.      Termometer
2.      Bahan
a.       Cairan pembersih
b.      Air bersih

BAB IV
URAIAN PELAKSANAAN PRAKERIN

A.    Bidang kegiatan yang dikerjakan selama Prakerin
1.      Membersihkan busi
2.      Membersihkan saringan udara
3.      Mengganti kanpas rem
4.      Mengukur celah katup
5.      Membersihkan radiator
6.      Mengganti kopling
7.      Menambahkan air aki
8.      Membersihkan blok cylinder
9.      Ganti oli
10.  Membersihkan saringan bensin
11.  Melepas baud klep
12.  Memperbaiki kopling
13.  Membersihkan klep
14.  Bongkar pasang rem tromol
15.  Bleading rem
16.  Mengukur celah besi
17.  Ganti oli gardan
18.  Ganti oli transmisi
19.  Service rem
20.  Ganti filter oli
21.  Ganti klakson
22.  Mengganti selang radiator
23.  Menambahkan air radiator
24.  Membersihkan tromol
25.  Membersihkan kunci – kunci
26.  Derek mobil
27.  Mengganti laher roda

B.     Kendala – kendala yang dihadapi selama prakerin
Kendala yang dihadapi pada radiator adalah :
1.      pipa-pipa dan bagian yang disolder pada tangki atas dan bawah bocor.
2.      jumlah air pendingin kurang
3.      tutup radiator kotor
4.      sirip dan inti radiator  menghambat saluran air
5.      slang radiator rusak atau keras
6.      pompa air kotor, seal-seal bocor, kerapatannya sudah tidak beraturan
7.      sambungan-sambungan antara radiator dengan radiator hose bocor.
8.      pompa dengan radiator hose bocor
9.      kebocoran terjadi pada sekitar sambungan, klem-klem penguncinya sudah rusak.

C.    Cara mengatasi masalah selama Prakerin
Cara mengatasi masalah pada radiator dilakukan sebagai berikut :
1.      Siapkan SST (Special Service Tools) untuk memeriksa kebocoran sistem pendinginan air yang umumnya sering disebut Universal Radiator Pressure Cooling System Leak Tester.
2.      Periksa Kapasitas air pendingin pada tangki cadangan (reservoir tank). Permukaan media pendingin harus berada diantara garis low dan full dalam keadaan mesin dingin. Apabila jumlah air pendingin kurang, periksa kebocoran dan tambahkan media pendingin sampai garis full
3.      Lepas tutup radiator. Lapisi tutup radiator dengan lap basah demi keselamatan dan kemudahan bekerja. Pada saat membuka tutup radiator, mesin harus dalam keadaan dingin. Apabila tutup radiator dibuka dalam keadaan panas, cairan dan uap yang bertekanan akan menyembur keluar.
4.      Periksa tutup radiator dengan cara  pasang tutup radiator pada radiator cap tester(alat uji tutup radiator). Kemudian lakukan pemompaan dan ukurlah tekanan pembukaan katup vacum.
5.      kebocoran pada, radiator, dan pompa air. Apabila tidak ditemukan kebocoran maka radiator dalam keadaan normal.
6.      Periksa pipa-pipa dan bagian yang disolder pada tangki atas dan bawah dari kemungkinan bocor, kalau perlu diperbaiki atau diganti.
7.      Periksa sirip dan inti radiator dan perbaiki sirip yang menghambat saluran air dengan menggunakan obeng pipih.
8.      Perhatikan saluran aliran air pendingin, terutama pada sambungan-sambungan antara radiator dengan radiator hose, antara pompa dengan radiator hose dan beberapa bagian saluran air pendingin.
9.      Jika ditemukan kebocoran pada radiator hose maka perlu dilakukan penggantian, dan atau jika kebocoran terjadi pada sekitar sambungan maka perlu dikencangkan klem-klem penguncinya.

          Sistem pendingin dalam kendaraan mobil mempunyai peranan penting, karena panas yang hasilkan dari proses pembakaran hanya 25 % yang dimanfaatkan menjadi kerja efekti, sisanya panas hilang bersama gas buang kira-kira 34 %, panas yang terbuang akibat proses pendinginan 32 %, akibat pemompaan 3 %, dan akibat gesekan 6 %..
                     Untuk menjaga agar sistem pendingin dapat berfungsi dengan baik, maka perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala, sesuai jadwal Tune-up.



BAB V

PENUTUP

A.      Simpulan

Pelaksanaan praktik kerja industri bagi para siswa/siswi SMK sangat mendidik untuk terjun kedunia kerja nantinya. Hal ini biasa dipahami dengan adanya program sekolah yaitu praktik kerja industri atau pendidikan sistem ganda selama kurang lebih dua bulan ditempat praktik kerja industri.
Menambah pengalaman dan wawasan bagi siswa-siswi dalam bidang Pemasaran, teori yang di terima di sekolah sangat bermanfaat dan membantu dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri.
B.       Saran
Dalam proses Prakerin ini  dibutuhkan kedisiplinan dan keseriusan dalam menegrajakannya.Dan sebelum bekerja alat dan bahan harus disiapkan selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan kendala-kendala yang menghambat proses praktek yang di kerjakan.
1.      Untuk Sekolah
       Ditujukan kepada pihak sekolah ilmu pengetahuan yang diberikan kepada siswa/siswi agar lebih di tingkatkan lagi secara teori maupun Praktik agar siswa dapat menghadapi dunia kerja dengan penuh persiapan dan lebih terampil dalam menyelesaikan pekerjaannya didunia usaha/ didunia Industri.
a.    Tambahkan jam praktik siswa dari pada pelajaran teori.
b.    Tingkatkan kualitas guru mata pelajaran yang produktif.
c.    Alat praktik mohon di perbanyak dan di lengkapi
d.   Utamakan pelajaran kejuruan       
2.      UntukTempa prakerin
Ditunjukan kepada Instansi Bapak/Ibu yang ada di SMK NegeriPancatengah Tasikmalaya   penulis berharap bapak beserta ibu tidak bosan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta Prakerin yang akan datangagar pengawasan terhadap peserta prakerin lebih terkontrol.
3.   Untuk Pembaca (Adik kelas)
a.  Rajinlah belajar.
b.  Utamakan sekolah demi masa depan.
c.   Bila sedang praktik jangan sambil bercanda.
  

Postingan populer dari blog ini

LAPORAN PRAKERIN SISTIM PENGAPIAN MOBIL KIJANG DI BENGKEL JAYA MOTOR

KATA PENGANTAR             Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri   (PRAKERIN) dan juga menyelesaikan laporan ini dengan baik guna memenuhi syarat Uji Sertifikasi Praktik Kerja Industri serta kelengkapan bukti belajar sebagai bukti pertanggung jawaban atas kegiatan Prakerin di dunia Industri. Laporan Prakerin ini kami buat berdasarkan pengalaman dan berbagai data yang kami peroleh selama melaksanakan kegiatan Prakerin di Bengkel Jaya Motor Kota Tasikmalaya. Penyusunan laporan ini kami buat sedemikian rupa sehingga dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat menjadi acuan belajar bagi adik – adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan Prakerin dan menyusun laporan hasil Prakerin.         ...

harga sewa tanah untuk tower 2022

     harga sewa tanah untuk tower 2022 Cari dan sewa lahan tanah tower yang sesuai kebutuhan Anda. Dalam hal sewa tanah, Anda diwajibkan untuk mencantumkan jangka waktu atau durasi penyewaan secara lengkap. Menurut Chris, tarif sewa tersebut semestinya tidak begitu tinggi lantaran dipergunakan untuk pelayanan publik. Walau, ia sepakat bahwa perlu ada investasi untuk jaringan dalam transportasi di bawah tanah itu. "Boleh, jelas lah, masak dirugikan, kan mesti sama-sama untung, tapi tidak seperti. Harga Kacang Tanah - Kacang tanah atau yang memiliki nama ilmiah Arachis hypogea memiliki banyak sekali sebutan, namun orang Kacang tanah dipasaran berbeda-beda harganya karena banyak dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi daerah tersebut atau besarnya biaya transportasi. Berapa biaya kompensasi pendirian tower? Dukungan pembangunan tower BTS setinggi 45 meter dari warga kampung Galuga Kaum itu, karena sebelum pembangunan tower BTS dimulai, warga mendapatkan kompensasi. ” Set...

Desain baju aesthetic keren distro

. Desain Grafis Kaos. Your Desain baju aesthetic photos are available in this site. Desain baju aesthetic are a topic that is being hunted for and liked by netizens now. You can Download or bookmark the Desain baju aesthetic files here. Typography yang baik sendiri tidak hanya fokus pada sebuah materi di konten namun juga pemilihan huruf yang akan digunakan dan bagaimana cara kita. Beli Baju Aesthetic model desain terbaru harga murah 2021 di Tokopedia. It can also become a visual presentation of the idea of the clinic or even an extension of the vision of a doctor who works in it. Instagram Adn Studios1 Streetwear Fashionweek Model Urbanwear Outfit Aesthetic Retroaesthetic 90svintage Aest Model Baju Pria Kaos Baju S. Dalam pembuatan desain pakaian seorang desainer biasanya mendapatkan inspirasi dan rujukan dari pelbagai hal. 30 Sketsa Desain Baju Gamis- Seorang desainer pasti memiliki skill untuk membikin desain baju. Your Desain baju aesthetic photos are available in this site. Desain...