Langsung ke konten utama

LAPORAN PRAKERIN SISTIM PENGAPIAN MOBIL KIJANG DI BENGKEL JAYA MOTOR





KATA PENGANTAR
            Dengan memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kekuatan lahir batin kepada kita semua, dan atas berkat serta rahmatnya sehingga kami dapat melaksanakan Praktik Kerja Industri  (PRAKERIN) dan juga menyelesaikan laporan ini dengan baik guna memenuhi syarat Uji Sertifikasi Praktik Kerja Industri serta kelengkapan bukti belajar sebagai bukti pertanggung jawaban atas kegiatan Prakerin di dunia Industri.

Laporan Prakerin ini kami buat berdasarkan pengalaman dan berbagai data yang kami peroleh selama melaksanakan kegiatan Prakerin di Bengkel Jaya Motor Kota Tasikmalaya. Penyusunan laporan ini kami buat sedemikian rupa sehingga dapat diterima dan dipahami oleh pembimbing serta dapat menjadi acuan belajar bagi adik – adik kelas yang nantinya juga akan melaksanakan Prakerin dan menyusun laporan hasil Prakerin.
          
  Dengan ini kami menyadari bahwa laporan ini tidak dapat tersusun dengan baik tanpa ada bantuan dari berbagai pihak terkait.Oleh karena itu, kami tidak lupa mengucapkan banyak terimakasih kepada :
1.    Bapak Drs. H. Oom Suparmas, M.Pd., selaku Kepala Sekolah SMK Negeri Pancatengah.
2.    Bapak Yaya, selaku Manager Bengkel Jaya Motor yang telah memberikan izin untuk melaksanakan PRAKERIN.
3.    Bapak Tatang Suhendar, S.Pd., selaku Ketua Jurusan program keahlian kendaraan ringan SMK Negeri Pancatengah.
4.    Ibu Siti Ulpah, S.Pd., selaku pembimbing yang telah memberikan bimbingan dalam pembuatan laporan ini.
5.    Ayah dan Ibu, selaku orang tua yang telah mendukung, membimbing dan mendoakan kami.
6.    Serta semua pihak yang sudah membantu terwujudnya kelancaran dalam acara Prakerin dan penyusunan laporan ini.

Semoga dengan tersusunnya laporan ini dapat bermanfaat bagi penulis dan pembaca. Kami menyadari bahwa dalam penyusunan laporan ini jauh dari kata sempurna, untuk itu penulis mengharapkan kritik dan saran yang sifatnya membangun supaya menjadi lebih baik di masa mendatang.
Akhir kata semoga Allah SWT melimpahkan rahmatnya atas segala bantuan dan semangat yang diberikan kepada penyusun. Semoga laporan PRAKERIN ini dapat memberikan banyak manfaat bagi semuanya. Saya ucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah membantu terselesaikannya laporan ini.

Pancatengah,    September 2019
 Penulis



DAFTAR ISI
Halaman Judul
Lembar Pengesahan Du/Di
Lembar Pengesahan Sekolah
Kata Pengantar…………………....…………...…i
Daftar Isi…………………………………………..iii
Daftar Gambar……………..…...…………...…..  v
Daftar Bagan…………….………..………...….…vi
Daftar Lampiran

BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang Prakerin…………...…..….1
B.     Tujuan Prakerin………………………...…1
C.     Manfaat Prakerin…………………...……..2
D.    Waktu dan Tempat Prakerin……............…..3

BAB II GAMBARAN UMUM DUNIA USAHA/ INDUSTRI
A. Sejarah Berdirinya Bengkel Mobil Jaya Motor…….....4
B. Visi dan Misi…………….………........….....4
C.  Bidang Usaha/ Kerja…………….....….5
D. Struktur Organisasi …..………….….5
E.Deskripsi Kerja………...…………….….6

BAB III LANDASAN TEORI
A.      Sistem Pengapian  Mobil kijanan…..7
B.Komponen Sistem Pengapian Mobil...8
C. Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil Konvensional..…8
D.Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil Transistor………..9
E. Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil CDI…….10

BAB IV URAIAN PELAKSANAAN PRAKERIN
A.Bidang yang Dikerjakan Selama Prakerin.…………...……..12
B. Kendala yang Dihadapi Selama Prakerin………...……………..…...12
    C.  CaraMengatasiMasalahSelamaPrakerin..13

BAB V PENUTUP
A.     Simpulan………….………………….14
B.       Saran………………………………14
DaftarPustaka
Lampiran                                        
DaftarRiwayatHidup



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang Prakerin
Pemerintah telah melaksanakan pembangunan kesegala bidang, untuk mencapai tujuan Nasional.  Untuk mendukung program pembangunan ini,  dibutuhkan peranan bidang  pendidikan untuk menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Indonesia yang kompeten dan memiliki daya saing (Competitive Capacity) yang tinggi.

Berkaitan dengan usaha peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) melalui bidang pendidikan, Menteri Pendidikan Nasional pernah melakukan kebijakan yang dikenal dengan istilah “Link and Match” yaitu program yang dimaksudkan untuk memberikan bekal bagi para peserta didik untuk mengenal praktik kerja industri secara lebih dini. Program ini untuk tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dikenal dengan nama Praktik Kerja Industri (PRAKERIN), sedangkan untuk pendidikan tinggi Cooperative Academic Education atau program Co-op.

Bagi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), adanya program Prakerin ini adalah untuk menyelesaikan pendidikan teori di sekolah dengan praktik kerja yang nyata di perusahaan yang sesuai dengan program keahliannya.Sistem ini mulai pada tahun 1994 yang dilakukan secara bertahap oleh kedua belah pihak, baik dari pihak pendidikan maupun Industri. Untuk menunjang terlaksananya pembangunan di kedua bidang tersebut, maka sangat dibutuhkan tenaga kerja yang terampil dan siap pakai untuk pembangunan yang sukses disemua bidang yang dampaknya akan menciptakan kestabilan Nasional.

B.       Tujuan Prakerin
1.    Pemenuhan Kompetensi sesuai tuntutan kurikulum
Penguasaanbkompetensi dengan pembelajaran di SMK Negeri Pancatengah sangatdi tentukan oleh fasilitas pembelajaran yang tersedia.


Jika ketersediaan fasilitas terbatas, sekolah perlu merancang pembelajaran kompetensi di luar sekolah (Dunia Kerja Mitra). Keterlaksanaan pembelajaran kompetensi tersebut bukan diserahkan sepenuhnya ke Dunia Kerja, tetapi sekolah perlu memberi arahan tentang apa yang seharusnya debalajarkan kepada peserta didik.
2.     Implementasi kompetensi ke dalam dunia kerja

Kemampuan-kemampuan yang sudah dimiliki peserta didik, melalui latihan dan praktik di SMK Negeri Pancatengah perlu di implementasikan secara nyata sehingga tumbuh kesadaran bahwa apa yang sudah dimilikinya berguna bagi dirinya dan orang lain. Dengan begitu peserta didik akan lebih percaya diri karena orang lain dapat memahami apa yang dipahaminya dan pengetahuannya diterima oleh masyarakat.

     3 Penyembuhan etos kerja/ pengalaman kerja
SMK Negeri Pancatengah sebagai lembaga pendidikan yang diharapkan dapat menghantarkan tamatannya ke dunia kerja perlu memperkenalkan lebih dini lingkungan sosial yang berlaku di Dunia Kerja. Pengalaman berinteraksi dengan lingkungan Dunia Kerja dan terlibat langsung di dalamnya, diharapkan dapat membangun sikap kerja dan kepribadian yang utuh sebagai pekerja.

C.    Manfaat Prakerin

Adanya manfaat Prakerin antara lain:
1.      Sebagai wacana untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan, terutama yang dibutuhkan dalam dunia kerja.
2.      Membina hubungan kerja sama yang baik antara pihak sekolah dengan perusahaan atau lembaga instansi lainnya.
3.      Mendapatkan pengalaman untuk bekal pada saat bekerja nantinya.
4.      Menumbuhkan rasa kebersamaan dan kekeluargaan antara pihak sekolah dengan pihak perusahaan.


D.   Waktu dan Tempat Prakerin

1.      Waktu Prakerin
Waktu pelaksanaan Praktik Kerja Industri dimulai dari tanggal 15 juli sampai dengan 14 september 2019 dan berlangsung selama kurang lebih 2 bulan, dengan jadwal efektif enam hari praktik dalam satu minggu dari pukul 07:30 WIB sampai pukul 15.15 WIB.

2.      Tempat Prakerin
Adapun tempat pelaksanaan praktik kerja industri ini adalah di Bengkel Jaya Motor  yang bertempat di Jalan Sambong Jaya Kota Tasikmalaya.



Gambar 1.1 Bengkel Jaya Motor





BAB II
GAMBARAN UMU DUNIA USAHA/INDUSTRI


Bengkel Mobil Jaya Motor  adalah sebuah perusahaan yang bergerak di bidang jasa otomotif berupa pelayanan service kendaraan roda empat. Pemilik bengkel ini bernama Bapak Yaya yang mulai mendirikan bengkelnya sejak tahun 2000. Bengkel Pak Yaya ini sebagian besar melayani service mobil pribadi dan angkutan umum berupa angkot.
Berdirinya bengkel ini dilatarbelakangi karena sebagian besar bengkel mobil yang sudah berdiri di daerahnya hanya melayani mobil pribadi saja. Sedangkan kebanyakan masyarakatnya berprofesi sebagai sopir angkot serta pemilik angkotnya pun adalah salah satu warga di daerah tempat ia tinggal. Maka dari itu, Pak Yaya mengambil peluang usaha di bidang yang sama namun dengan pelayanan pada mobil pribadi dan mobil angkutan umum. Bengkel mobil yang ia dirikan di beri nama bengkel mobil Jaya Motor.
Lokasi tempat ia mendirikan bengkel sangat strategis karena berada di pinggir jalan raya utama. Maka ia menawarkan secara langsung jasa service mobil di bengkelnya tersebut. Seiring berjalan waktu, bengkel Pak Yaya ini semakin dikenal dan tak jarang dijadikan sebagai salah satu tempat prakerin.

B.     Visi dan Misi
1.      Visi
a.       Menjadikan bengkel mobil yang mengutamakan kepuasan pelanggan.
b.      Mengutamakan kerapihan dalam memperbaiki.

2.      Misi
a.       Memberikan jasa bengkel yg unggul berdasarkan nilai – nilai kejujuran dan kehati – hatian.
b.      Memberikan layanan service mobil dengan hasil berkualitas.
c.       Menciptakan interaksi kerja yg saling mendukung dan lingkungan kerja yang kondusif.


C.    Bidang Usaha/Kerja
Bengkel Mobil Jaya Motor adalah perusahaan yang bergerak di bidang pelayanan jasa otomotif, yang melayani service mesin kendaraan roda empat, service shockbreaker, service rem, bongkar pasang ban, dan lain-lain.

D.    Struktur Organisasi




PIMPINAN
YAYA









MEKANIK



MEKANIK I
ATENG



MEKANIK II
SUGENG

 





Tugasdan staff organisasi di bengkel Jaya Motor
1.  Pemimpin
Bertugas sebaga ipemilik bengkel Jaya Motor yang memiliki tugas terpenting sebagai pemegang penuh kendali perusahaan dan dalam pengambilan keputusan harus disetujui oleh pemilik / manager perusahaan.
2.  Mekanik
Bertugas melayani konsumen yang datang untuk melakukan perbaikan-perbaikan motor yang rusak, menanggapi dan memberikan solusi yang tepat bagi konsumen.


E.     Deskripsi kerja
Kegitan selama penulis melaksanakan kegiatan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN) di bengkel Jaya Motor adalah:
a. Pelayanan
Kegiatan pelayanan yang diberikan kepada konsumen agar merasa diperlukan dan merasa nyaman ketika memasuki bengkel.
c.  Melakukan pengecekan
Kegiatan pengecekan meliputi pengecekan terhadap motor yang rusak.
d.  Service
Kegiatan ini adalah mengganti sparepart yang sudah rusak.
e.  Membantu konsumen
Kegiatan ini membantu konsumen  memberikan penjelasan tentang kendaraannya yang rusak.


BAB III
LANDASAN TEORI

A.    Sistem Pengapian Mobil Kijang

Gambar 3.1 Sitem Pengapian Mobil
Seperti yang kita ketahui bersama, sistem pengapian mobil sangatlah penting. Hal ini dikarenakan tanpa sistem pengapian yang bagus, maka mobil tidak akan pernah bisa berjalan seperti semestinya. Sistem pengapian tersebut berfungsi untuk melakukan pembakaran yang pada akhirnya akan menimbulkan tenaga dan daya gerak. Daya gerak inilah yang memiliki peranan penting untuk menggerakan mobil.
Sistem pengapian juga memiliki fungsi untuk menghasilkan bunga api pada busi. Untuk menghasilkan percikan tersebut, sebuah sistem pengapian membutuhkan metode induksi elektromagnetik. Sistem pengapian ini cukup kompleks dan membutuhkan beberapa komponen seperti ignition coil, busi, dan lain sebagainya.
Sedikitnya ada 3 jenis sistem pengapian, yaitu pengapian konvensional, pengapian elektonik dan juga pengapian CDI. Nah, kebanyakan mobil-mobil keluaran terbaru saat ini menggunakan sistem pengapian CDI.


B.     Komponen Sistem Pengapian Mobil

Gambar 3.2 Komponen system Pengapian
Sistem pengapian pada mobil terdiri dari baterai ( ACCU ),  koil,  kunci kontak, condensor, platina/transistor/CDI, delco/cop delco dan juga kabel tegangan tinggi serta busi.

C.    Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil Konvensional

Gambar 3.3 Cara Kerja Sistem Pengapian Konvensional
Sistem pengapian konvensional ini kebanyakan digunakan pada mobil-mobil keluaran lama, seperti Kijang dan Colt generasi pertama. Cara kerjanya pun sangatlah sederhana. Ketika kunci kontak dalam keadaan ON, maka arus listrik dari baterai akan mengalir pada ignition coil untuk selanjutnya menuju platina. Dikarenakan pada saat kunci ON, mesin belum berputar, maka platina akan menghubungkan arus pada masa, dan pada saat itulah akan timbul medan magnet pada kumparan primer.
Saat mesin mulai starting, maka platina akan terputus karena cam menyentuh kaki platina. Sehingga medan magnet pada kumparan primer akan bergerak ke kumparan sekunder untuk menghasilkan tegangan tinggi hingga 20 KV. Tegangan tersebut akan dialirkan pada busi untuk memercikan api untuk selanjutnya melakukan pembakaran.

D.    Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil Transistor

Gambar 3.4 Sistem Pengapian Mobil Transitor

Berbeda dengan platina, pada sistem sistem pengapian mobil transistor, ketika kunci ON arus yang mengalir pada ignition coil dan output koil akan dihubungkan dengan kaki transistor. Transistor ini menjadi sebuah saklar elektronik dengan tiga kaki. Saat kaki basisnya mendapatkan arus listrik, maka kaki colector dan juga emitor akan terhubung, akibatnya timbul medan magnet pada ignition coil.
Ketika mesin mulai starting, pulser akan mengirimkan sinyal yang menandakan timing pengapian. Sinyal tersebut akan memutus dan menyambungkan arus pada kaki basis dengan interval tertentu. Saat arus pada basis ini terputus maka terjadilah induksi elektromagnetik pada coil, sehingga coil menghasilakn tegangan tinggi. Tegangan inilah yang dialirkan pada busi melalui kabel tegangan tinggi.
E.     Cara Kerja Sistem Pengapian Mobil CDI
Gambar 3.5 Sistem Pengapian Mobil CDI
CDI adalah kependekan dari Capasitor Discharge Ignition. Pada prinsipnya, sistem pengapian ini sama saja, yaitu menggunakan induksi elektromagnetik. Hanya saja cara kerjanya sedikit berbeda. CDI menggunakan sistem pengosongan arus pada capasitor yang memiliki fungsi mirip dengan baterai.
Ketika kunci ON, arus dari baterai akan menuju transformator untuk memperbesar tegangannya. Kemudian tegangan ini akan diserap oleh capasitor. Saat mesin mulai starting, pulser akan mengirimkan sinyal pada CDI untuk mengubah arah arus capasitor menuju coil. Karena sebelumnya capasitor menyerap tegangan, maka terjadi aliran listrik dari capasitor menuju coil.
Aliran listrik tersebut menimbulkan medan magnet yang menginduksi coil sekunder untuk menghasilkan tegangan tinggi. Tegangan tersebut kemudian dialirkan pada busi untuk memercikan bunga api pada ruang pembakaran melalui kabel tegangan tinggi.
Nah, sistem pengapian mobil saat ini lebih banyak menggunakan sistem CDI karena dianggap memiliki kelebihan baik pada performa ataupun pada sistemnya yang tidak memerlukan perawatan khusus layaknya sistem platina.


BAB IV
URAIAN PELAKSANAAN PRAKERIN

A.    Bidang kegiatan yang dikerjakan selama Prakerin
1.      Membersihkan busi
2.      Membersihkan saringan udara
3.      Mengganti kanpas rem
4.      Mengukur celah katup
5.      Membersihkan radiator
6.      Mengganti kopling
7.      Menambahkan air aki
8.      Membersihkan blok cylinder
9.      Ganti oli
10.  Membersihkan saringan bensin
11.  Melepas baud klep
12.  Memperbaiki kopling
13.  Membersihkan klep
14.  Bongkar pasang rem tromol
15.  Bleading rem
16.  Mengukur celah besi
17.  Ganti oli gardan
18.  Ganti oli transmisi
19.  Service rem
20.  Ganti filter oli
21.  Ganti klakson
22.  Mengganti selang radiator
23.  Menambahkan air radiator
24.  Membersihkan tromol
25.  Membersihkan kunci – kunci
26.  Derek mobil
27.  Mengganti laher roda
B.     Kendala – kendala yang dihadapi selama prakerin
Kendala yang dihadapi pada radiator adalah :
1.      pipa-pipa dan bagian yang disolder pada tangki atas dan bawah bocor.
2.      jumlah air pendingin kurang
3.      tutup radiator kotor
4.      sirip dan inti radiator  menghambat saluran air
5.      slang radiator rusak atau keras
6.      pompa air kotor, seal-seal bocor, kerapatannya sudah tidak beraturan
7.      sambungan-sambungan antara radiator dengan radiator hose bocor.
8.      pompa dengan radiator hose bocor
9.      kebocoran terjadi pada sekitar sambungan, klem-klem penguncinya sudah rusak.

C.    Cara mengatasi masalah selama Prakerin
Cara mengatasi masalah pada radiator dilakukan sebagai berikut :
1.      Siapkan SST (Special Service Tools) untuk memeriksa kebocoran sistem pendinginan air yang umumnya sering disebut Universal Radiator Pressure Cooling System Leak Tester.
2.      Periksa Kapasitas air pendingin pada tangki cadangan (reservoir tank). Permukaan media pendingin harus berada diantara garis low dan full dalam keadaan mesin dingin. Apabila jumlah air pendingin kurang, periksa kebocoran dan tambahkan media pendingin sampai garis full
3.      Lepas tutup radiator. Lapisi tutup radiator dengan lap basah demi keselamatan dan kemudahan bekerja. Pada saat membuka tutup radiator, mesin harus dalam keadaan dingin. Apabila tutup radiator dibuka dalam keadaan panas, cairan dan uap yang bertekanan akan menyembur keluar.
4.      Periksa tutup radiator dengan cara  pasang tutup radiator pada radiator cap tester(alat uji tutup radiator). Kemudian lakukan pemompaan dan ukurlah tekanan pembukaan katup vacum.
5.      kebocoran pada, radiator, dan pompa air. Apabila tidak ditemukan kebocoran maka radiator dalam keadaan normal.
6.      Periksa pipa-pipa dan bagian yang disolder pada tangki atas dan bawah dari kemungkinan bocor, kalau perlu diperbaiki atau diganti.
7.      Periksa sirip dan inti radiator dan perbaiki sirip yang menghambat saluran air dengan menggunakan obeng pipih.
8.      Perhatikan saluran aliran air pendingin, terutama pada sambungan-sambungan antara radiator dengan radiator hose, antara pompa dengan radiator hose dan beberapa bagian saluran air pendingin.
9.      Jika ditemukan kebocoran pada radiator hose maka perlu dilakukan penggantian, dan atau jika kebocoran terjadi pada sekitar sambungan maka perlu dikencangkan klem-klem penguncinya.

          Sistem pendingin dalam kendaraan mobil mempunyai peranan penting, karena panas yang hasilkan dari proses pembakaran hanya 25 % yang dimanfaatkan menjadi kerja efekti, sisanya panas hilang bersama gas buang kira-kira 34 %, panas yang terbuang akibat proses pendinginan 32 %, akibat pemompaan 3 %, dan akibat gesekan 6 %..
                     Untuk menjaga agar sistem pendingin dapat berfungsi dengan baik, maka perlu dilakukan pemeliharaan secara berkala, sesuai jadwal Tune-up.

BAB V
PENUTUP
A.      Simpulan
Pelaksanaan praktik kerja industri bagi para siswa/siswi SMK sangat mendidik untuk terjun kedunia kerja nantinya. Hal ini biasa dipahami dengan adanya program sekolah yaitu praktik kerja industri atau pendidikan sistem ganda selama kurang lebih dua bulan ditempat praktik kerja industri.
Menambah pengalaman dan wawasan bagi siswa-siswi dalam bidang Pemasaran, teori yang di terima di sekolah sangat bermanfaat dan membantu dalam pelaksanaan Praktik Kerja Industri.
B.       Saran
Dalam proses Prakerin ini  dibutuhkan kedisiplinan dan keseriusan dalam menegrajakannya.Dan sebelum bekerja alat dan bahan harus disiapkan selengkap-lengkapnya agar tidak menimbulkan kendala-kendala yang menghambat proses praktek yang di kerjakan.
1.      Untuk Sekolah
       Ditujukan kepada pihak sekolah ilmu pengetahuan yang diberikan kepada siswa/siswi agar lebih di tingkatkan lagi secara teori maupun Praktik agar siswa dapat menghadapi dunia kerja dengan penuh persiapan dan lebih terampil dalam menyelesaikan pekerjaannya didunia usaha/ didunia Industri.
a.    Tambahkan jam praktik siswa dari pada pelajaran teori.
b.    Tingkatkan kualitas guru mata pelajaran yang produktif.
c.    Alat praktik mohon di perbanyak dan di lengkapi
d.   Utamakan pelajaran kejuruan
       
2.      UntukTempatprakerin
Ditunjukan kepada Instansi Bapak/Ibu yang ada di SMK NegeriPancatengah Tasikmalaya   penulis berharap bapak beserta ibu tidak bosan memberikan pengarahan dan bimbingan kepada penulis dan para peserta Prakerin yang akan datangagar pengawasan terhadap peserta prakerin lebih terkontrol.
3.   Untuk Pembaca (Adik kelas)
a.  Rajinlah belajar.
b.  Utamakan sekolah demi masa depan.
c.   Bila sedang praktik jangan sambil bercanda.


DAFTAR PUSTAKA
1.      http://denzngeblog.blogspot.co.id/2014/06/laporan-prakerin-smk-nusantara-1-comal.html?m=1
2.      http://ahmadsudikin.blogspot.co.id/2014/01/cara-memasang-distributor.html?m=1
3.      https://www.teknik-otomotif.com/2017/03/bagian-distributor-yang-berfungsi.html?m=1
4.      https://www.teknik-otomotif.com/2017/03/bagian-distributor-yang-berfungsi.html?m=1
 5.    https://showroommobil.co.id/info-mobil/cara-menyetel-platina-mobil
 6.    http://anistkr.blogspot.co.id/2012/04/sistem-pengapian.html?m=1




Postingan populer dari blog ini

harga sewa tanah untuk tower 2022

     harga sewa tanah untuk tower 2022 Cari dan sewa lahan tanah tower yang sesuai kebutuhan Anda. Dalam hal sewa tanah, Anda diwajibkan untuk mencantumkan jangka waktu atau durasi penyewaan secara lengkap. Menurut Chris, tarif sewa tersebut semestinya tidak begitu tinggi lantaran dipergunakan untuk pelayanan publik. Walau, ia sepakat bahwa perlu ada investasi untuk jaringan dalam transportasi di bawah tanah itu. "Boleh, jelas lah, masak dirugikan, kan mesti sama-sama untung, tapi tidak seperti. Harga Kacang Tanah - Kacang tanah atau yang memiliki nama ilmiah Arachis hypogea memiliki banyak sekali sebutan, namun orang Kacang tanah dipasaran berbeda-beda harganya karena banyak dipengaruhi berbagai faktor seperti kondisi daerah tersebut atau besarnya biaya transportasi. Berapa biaya kompensasi pendirian tower? Dukungan pembangunan tower BTS setinggi 45 meter dari warga kampung Galuga Kaum itu, karena sebelum pembangunan tower BTS dimulai, warga mendapatkan kompensasi. ” Set...

Desain baju aesthetic keren distro

. Desain Grafis Kaos. Your Desain baju aesthetic photos are available in this site. Desain baju aesthetic are a topic that is being hunted for and liked by netizens now. You can Download or bookmark the Desain baju aesthetic files here. Typography yang baik sendiri tidak hanya fokus pada sebuah materi di konten namun juga pemilihan huruf yang akan digunakan dan bagaimana cara kita. Beli Baju Aesthetic model desain terbaru harga murah 2021 di Tokopedia. It can also become a visual presentation of the idea of the clinic or even an extension of the vision of a doctor who works in it. Instagram Adn Studios1 Streetwear Fashionweek Model Urbanwear Outfit Aesthetic Retroaesthetic 90svintage Aest Model Baju Pria Kaos Baju S. Dalam pembuatan desain pakaian seorang desainer biasanya mendapatkan inspirasi dan rujukan dari pelbagai hal. 30 Sketsa Desain Baju Gamis- Seorang desainer pasti memiliki skill untuk membikin desain baju. Your Desain baju aesthetic photos are available in this site. Desain...